Kamis, 02 Januari 2014

COBOL Coding Form

Sebelum program COBOL kita ketik ke dalam computer, biasanya kita menuliskannya terlebih dahulu kedalam COBOL coding form/sheet. COBOL coding form/sheet biasanya terdiri atas 80 kolom. Hal ini bisa dipahami, karena pada mulanya setiap program selalu di punch ke kartu yang juga mempunyai panjang 80 kolom. Tetapi tidak semua kolom akan dikompilasi, karena kompilator hanya melihat dari kolom 7 sampai dengan kolom 72. Sisanya hanya sebagai dokumentasi saja.

Adapun cara penggunaan COBOL coding form adalah sebagai berikut:
Kolom 1-6            : nomor urut (yang digunakan jika pemrograman membutuhkan catatan)
Kolom 7                : digunakan untuk tanda tertentu
Kolom 8-11         : area/margin A, tempat memulai nama paragraph, selection, dan division.
Kolom 12-72       : area/margin B, dipakai untuk menuliskan statement COBOL
Kolom 73-80       : digunakan untuk catatan yang diperlukan sebagai dokumentasi.

Kolom 1-6 biasanya terdiri atas 2 bagian, yaitu bagian untuk nomor halaman (kolom 1-3) dan bagian untuk nomor urut pada halaman yang bersangkutan (kolom 4-6). Untuk penomerannya biasanya tidak dimulai dengan 001 untuk halaman pertama dan 001 unyuk kalimat pertama, tetapi masing-masing dengan 010. Hal ini dimaksudkan, kalu pemrogram ingin menyisipkan halaman baru atau kalimat baru diantar yang sudah ada.
Kolom 7 biasanya digunakan untuk memberikan tanda sambungan atau tanda kometar. Untuk tanda sambung diisi dengan hypen (-). Tanda ini digunakan jik ada kata atau literal yang terpotong pada kolom 72.

Cara penulisan yang berlaku dalam COBOL
DIVISION Heading
Penulisan Division Heading selalu dimulai dari Margin A dan harus berada dalam satu beris tersendiri (tidak boleh disambung dengan kata lain). Bentuk umum dari Division Heading
                Division-name DIVISION
Dianta Division-name dengan kata  DIVISION paling sedikit harus ada sebuah blank

SECTION Heading
Section Heading juga hrus ditulis dalam satu baris tersendiri dan dimulai dari margin A. Diantara section-name dengan kata SECTION paling sedikit harus ada satu kolom blank/space. Bentuk umum dari Section Heading
                Section-name SECTION

PARAGRAPH Heading
Paragraph Heading yang terdiri dari paragraph-name dan titik juga dituliskan mulai dari Margin A. Hanya Paragraph Heading ini bisa disambung dengan kata lain dalam baris tertentu.

STATEMENT
Statement harus dituliskan dalam Margin B. Untuk pemisah antara satu statement dengan statement lainnya bisa digunakan koma. Gabungan 2 atau lebih statement disebut sentence (kalimat). Setiap sentence harus diakhiri dengan tanda titik.

SYARAT-SYARAT SPACING
Space atau blank pada umumnya digunakan untuk member batas antara suatu kata dengan kata lainnya. Jumlah kolom yang kosong/blank tersebut dalam bahasa COBOL, minimal 1. Space tersebut harus diletakkan
  • Diantara kata dengan kata lainnya
  • Diantara satu kata dengan symbol aritmatika dan condition kecuali untuk tanda kurung, berlaku untuk sebaliknya.
  • Sesudah punctuation symbol kecuali untuk tanda kurung (sebelum punction symbol tersebut tidak boleh ada ruang/kol yang kosong).
  • Sebelum kurung buka dan sesudah kurung tutup, kecuali untuk picture karakter string, sedangkan sesudah kurung buka dan sebelum kurung tutup bisa tidak diberikan (optional).





Sumber: Diktat Kuliah Algoritma&Pemrograman COBOL dan Pemrograman COBOL Terstruktur Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar