Jumat, 03 Januari 2014

KONSTANTA, VARIABEL DAN HIMPUNAN

Nilai dari suatu satuan Data sederhana didalam suatu Algoritma dapat bersifat tetap (konstan) ataupun bersifat dapat berubah-ubah (variabel). Oleh karena itu, suatu Data tersebut dibagi lagi menjadi Konstanta dan Variabel.

KONSTANTA DAN VARIABEL
Suatu Konstanta merupakan Satuan Data, atau Besaran yang tidak pernah berubah nilainya selama komputasi atau pelaksanaan Algoritma atau Program.
Suatu Variabel merupakan Satuan Data atau Besaran yang nilainya dapat berubah-ubah ketika Program dilaksanakan.
Suatu Konstanta ataupun Variabel dapat diberi nama tertentu sebagai Pengenal atau Identifier. Setiap Bahasa Pemrograman memiliki aturan tersendiri mengenai pemberian Nama sebagai Identifier tersebut. Konstanta dan Variabel dapat mempunyai lingkup data dari berbagai Tipe Data, sehingga ada Konstanta Logika, Variabel Integer dan sebagainya.

DEKLARASI KONSTANTA DAN VARIABEL
Suatu Deklarasi berisi informasi yang terutama diperuntukan bagi perangkat Penerjemah Bahasa, tentang jenis Variabel yang bersangkutan. Jika dipakai Struktur Data maka diperlukan pula informasi tentang jenis Struktur Data tersebut. Dengan memakai informasi tersebut, perangkat Penerjemah dan Sistem Operasi dapat mengalokasikan ruang memori untuk diisi Data menghubungkan “alamat” lokasi yang tersedia untuk Variabel dengan Namanya dan menyiapkan bentuk operasi yang dapat diaplikasikan pada Data tersebut. Jika sautu Variabel sudah dinyatakan melalui Statement seperti itu, maka Nama Variabel tersebut dapat digunakan berungkali didalam program.

HIMPUNAN
Suatu himpunan dapat diartikan adalah kumpulan dari sejumlah satuan Data yang sejenis, dan disebut secara kolektif dengan sebuah nama saja. Masing-masing satuan Data disebut elemen himpunan. Mereka diurutkan berdasarkan nomer indeksnya oleh karena itu elemen himpunan kadang kala juga disebut subvariabel. Banyaknya indeks dari himpunan disebut tingkat atau dimensi himpunan. Suatu elemen dapat diketahui dari nama himpunan tersebut serta subvariabelnya yang ditulis dalam tanda kurung. Himpunan yang umumnya dipakai adalah Vektor yang merupakan himpunan satu dimensi Matriks, yang merupakan himpunan dua dimensi. Setiap elemen himpunan dari suatu jenis tertentu memiliki dua karakterisktik, yakni posisi didalam himpunan dan nilainya sendiri.



Sumber:
Diktat Kuliah Algoritma&Pemrograman Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar