Kamis, 02 Januari 2014

IDENTIFICATION DIVISION

Merupakan division yang pertama dalam COBOL program. Division ini harus ada. Ia bertujuan untuk memberikan identifikasi/pengenalan baik bagi computer maupun pemakaian program, tersebut. Perlu diketahui bahwa division ini tidak memiliki satu section-pun tetapi langsung dengan paragraph.
Bentuk umum dari IDENTIFICATION DIVISION:

IDENTIFICATION             DIVISION.
PROGRAM-ID.                   program-name.
AUTHOR.                            entry.                   
INSTALLATION.                entry.
DATE-WRITTEN.                entry.
DATA-COMPILES.             entry.
SECURITY.                          entry.
REMARKS.                          entry.
Catatan: kurang siku menunjukan sesuatu yang boleh ada atau tidak(optional).

PROGRAM-ID Paragraph
Paragraph ini harus ada dan langsung dituliskan sesudah IDENTIFICATION DIVISION. Untuk program-name, aturan penulisannya mengikuti aturan yang berlaku pada programmer’s word. Program-name inilah yang merupakan identifikasi program yang dikenal ileh kompilator.

AUTHOR Paragraph
Digunakan untuk menuliskan nama pemrogram yang tekah membuat program tersebut. Paragraph ini hanya dianggap sebagai komentator oleh kompilator, karena ini paragraph sifatnya optional.

INSTALLATION Paragraph
Paragraph ini dianggap sebagai komentator saja oleh kompilator dan digunakan untuk member keterangan untuk siapa program ini dibuat, juga bersifat optional.

DATE-WRITTEN Paragraph
Jika seorang pemrogram ingin menuliskan tanggal pembuatan program, maka disinilah tempatnya. Merupakan paragraph yang optional.

DATE-COMPILED Paragraph
Untuk kompilator yang baru, isian ini akan diberikan pada waktu program tersebut dikompilasi yang tentu saja dicetak oleh computer. Tetapi jika paragraph ini tidak dituliskan, karena merupakan paragraph yang optional maka tanggal kompilasi tidak ada.

SECURITY Paragraph
Digunakan untuk menunjukkan tingkat pengamanan program. Paragraph ini bisa ditulis atau diabaikan (optional). Dianggap komentar oleh kompilator.

REMARKS Paragraph.
Digunakan untuk memberikan keterangan yang ada hubungannya dengan program. Jika penulisan keterangan tersebut melebihi satu baris maka sambungannya harus dimulai dalam Margin B dibaris berikutnya. Ada juga kompilator yang tidak menyediakan tempat bagi keterangan semacam ini. Penulisannya cukup dengan memberikan tanda * (asterik) pada kolom 7.



Sumber:
Diktat Kuliah Algoritma&Pemrograman COBOL dan Pemrograman COBOL Terstruktur Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar