Tujuan e-Government
Pemanfaatan informasi adalah mencerdaskan
kehidupan bangsa dan kepribadian bangsa serta kesatuan dan persatuan.
Meningkatkan kualitas di bidang TI dan
telekomunikasi
Membangun komunikasi antara pusat dan daerah
dalam mendukung pembangunan secara timabal balik.
Manfaat e-government
- Memperbaiki kualitas pelayanan publik sebuah kinerja pemerintahan, terutama dalam hal efektivitas dan efisiensi berbagai bidang kehidupan bernegara.
- Meningkatkan transparansi, kontrol serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Governance dan clean government
- Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah untuk aktivitas sehari-hari
- Memberikan peluang pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksi dengan pihak-pihak yang berkepentingan.
- Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepa dan tepat menjawab berbagai permasalahan publik maupun global
- Memberdayakan masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan kebijakan publik yang setara dan demokratis
- Memperluas partisipasi publik dimana masyarakat dimungkinkan untuk terlibat aktif dalam pengambilan keputusan atau kebijakan pemerintah.
- Memperbaiki produktivitas dan efisiensi birokrasi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
FAKTOR PENENTU UNTUK PENERAPAN KONSEP
E-GOVERNMENT
- Infrastruktur Telekomunikasi
Dalam pelaksanaan e-Government, salah satu
unsur yang penting merupakan infrastruktur telekomunikasi. Peran infrastruktur
telekomunikasi dalam penerapan e-Government terutama dapat dirasakan dalam
pelayanan publik. Pengembangan infrastruktur dan basis data untuk komunikasi
memungkinkan akses langsung ke masyarakat luas.
- Tingkat Konektivitas dan Penggunaan TI
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
(Information and Communication Technology / ICT) menjadi sangat penting dalam
era globalisasi sekarang ini, karena dapat menembus jarak yang jauh bahkan
melampaui batas negara sekalipun. Seiring dengan hal tersebut, saat ini mulai
tumbuh dengan apa yang disebut electronic government (e-gov) sebagai
implementasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemerintahan.
- Kesiapan SDM
Pengembangan aplikasi e-government memerlukan
pendanaan yang cukup besar sehingga diperlukan kesiapan dari sisi sumber daya
manusia aparat pemerintahan dan kesiapan dari masyarakat. Pemerintah umumnya
jarang yan memiliki SDM yang handal di bidang teknologi informasi. SDM yang
handal ini biasanya ada di lingkungan bisnis / industri. Kekurangan SDM ini
menjadi salah satu penghambat hnplementasi dari e-government, terutama di
negara berkembang.
- Ketersediaan Dana dan Anggaran
Pengalokasiai anggaran untuk pengembangan
e-government harus dilakukan secara hati-hati dan bertanggung jawab agar
anggaran yang terbatas itu dapat dimanfaatkan secara efisiei dan dapat
menghasilkan daya ungkit yang kuat bagi pembentukan tata-pamong yang baik.
Dengan demikian diperlukan siklus perencanaan, pengalokasian, pemanfaatan dan
pengevaluasian anggaran pengembangan e-government yang baik, sehingga
pelaksanaan strategi untuk pencapaian tujuan strategis e-government dapat
berjalan secara efektif.
- Perangkat Hukum
Sebagai salah satu bidang baru dalam
pemerintahan, e-Govemment masih miskin dalam hal perangkat hukum, baik pada
tingkat nasional maupun daerah. Hingga saat ini transaksi elektronik belum
memiliki landasan hukum yang pasti sehingga proses layanan publik melalui
transaksi elektronik sulit untuk diterapkan pada e-Government, padahal di sisi
teknologi dan kemampuan SDM, tidak sediki yang sudah mampu.
- Perubahan Paradigma
Teknologi informasi khususnya web dan email hanyalah sebatas tools,
namun yang terpenting
dari
e-government adalah perubahan paradigma, dari Government Centric menuju Customer
Centric sehingga layanan-layanan yang diberikan sesuai dengan apa yang menjadi
kebutuhan masyarakat. Demikian juga media akses (PC, Mobile Phone, PDA dll) ataupun tempat akses (Kantor, Kampus,
Fasilitas Pemerintah, Warnet, Warintek, dll) yang dapat dijangkau oleh semua
lapisan masyarakat.
Sumber : staffsite gunadarma fitria_okta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar