Tujuan e-learning
adalah untuk
meningkatkan daya serap dari para mahasiswa atas materi yang diajarkan,
meningkatkan partisipasi aktif dari para mahasiswa, meningkatkan kemampuan
belajar mandiri, dan meningkatkan kualitas materi pembelajaran. Diharapkan
dapat merangsang pertumbuhan inovasi baru para mahasiswa sesuai dengan
bidangnya masing-masing.
Manfaat E-Learning
- E-learning memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran dilakukan dari mana saja.
- E-learning memberikan kesempatan bagi pembelajar secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajarnya.
- Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja
- Mengurangi biaya perjalanan
- Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas
- Adanya peningkatan interaksi mahasiswa dengan sesamanya dan dengan dosen
- Terbentuknya komunitas pembelajar yang saling berinteraksi, saling memberi dan menerima serta tidak terbatas dalam satu lokasi
- Meningkatkan kualitas dosen karena dimungkinkan menggali informasi secara lebih luas dan bahkan tidak terbatas
- E-learning yang dikembangkan secara benar akan efektif dalam meningkatkan kualitas lulusan dan kualitas perguruan tinggi.
- Guru atau dosen akan lebih mudah melakukan pembaruan materi maupun model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi, juga dapat dengan efisien mengontrol kegiatan belajar siswanya
- Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku)
- Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas
- Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan
Karakteristik
E-Learning
- Memanfaatkan jasa teknologi informasi dan komunikasi berupa internet sehingga penyampaian pesan dan komunikasi guru dan siswa secara mudah dan cepat.
- Memanfaatkan media komputer seperti jaringan komputer (computer networks atau digital media).
- Menggunakan pendekatan pembelajaran mandiri.
- Dengan menggunakan e-learning, pembelajar dituntut untuk melepaskan ketergantungannya terhadap pembelajar karena pembelajaran tidak dilakukan secara langsung.
- Materi pembelajaran dapat disimpan di komputer.
- Memanfaatkan komputer untuk proses pembelajaran dan juga mengetahui hasil kemajuan belajar, administrasi pendidikan, serta untuk mengetahui informasi yang banyak dari berbagai sumber informasi.
- Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di computer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar