Minggu, 05 Januari 2014

Analisis Kinerja Sistem

Pengertian Kinerja

  • Standar Industri Jerman DIN 55350

Semua karakteristik dan aktifitas penting yang dibutuhkan dalam suatu produksi.

  • Standar ANSI (ANSI / ASQC A3 / 1978)

Gambaran dan karakteristik produksi keseluruhan atau pelayanan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan.

  • Standar IEEE

Tingkatan untuk memenuhi kombinasi perangkat lunak yang dibutuhkan.

Kinerja terdiri dari indeks yang dapat melambangkan kenyamanan, kemudahan, kestabilan, kecepatan , dll.

Suatu indeks performance dapat dievaluasi dengan berbagai cara :

  • Dapat diukur (measured)
  • Dapat dihitung (calculated)
  • Dapat diperkirakan (estimated)

Tujuan Evaluasi
Diperlukan untuk memberikan gambaran apakah suatu kinerja sistem yang ada sudah sesuai dengan yang dibutuhkan serta sesuai dengan tujuan.

Klasifikasi aplikasi teknik evaluasi :

  • Procurement , seluruh masalah evaluasi yang dipilih dari sistem /  komponen sistem.
  • Improvement , seluruh masalah kinerja yang timbul pada saat suatu sistem sedang bekerja.
  • Capacity Planning , masalah yang berhubungan dengan prediksi kapasitas sistem di masa yang akan datang.
  • Design , seluruh masalah yang harus dibuat pada saat akan menciptakan suatu sistem yang baru.

Nilai - Nilai Variable yang Dibutuhkan Dalam Kegiatan Evaluasi Kinerja Sistem
Karakteristik sistem fisik :

  • Informasi mengenai konfigurasi h/w dan s/w (ukuran memori , jumlah channel , kapasitas disk , lokasi file sistem , BIOS)
  • Operasi bermacam komponen ( CPU , tipe channel , waktu akses disk , dll)

Kondisi operating sistem : penggambaran beban yang akan dievaluasi.

Indeks kinerja sistem :

  • Klasifikasi indeks kinerja internal dan eksternal.
  • Indeks internal memanfaatkan orang-orang pada level 1 dan level 2.
  • Indeks eksternal memakai orang-orang pada level 3 yaitu dilihat dari sisi pengguna akhir yang terlibat langsung (user).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar