Kamis, 02 Januari 2014

DATA DIVISION

Division ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai struktur file, record format beserta dengan ite, yang ada dalam record tersebut, konstanta lainnya atau data-names yang akan digunakan dalam perhitungan atau parameter yang akan dimasukkan ke subprogram, dan informasi lain yang dianggap perlu.
Pada umumnya, DATA DIVISION ini terbagi atas 4 section, tetapi ada juga beberapa kompilator yang menyediakan beberapa section lainnya. Disini akan dibahas lebih dahulu 2 section pokok, yaitu FILE SECTION dan WORKING-STORAGE SECTION.
Bentuk umum dari DATA DIVISION

DATA DIVISION.
FILE SECTION.
                FILE Description entry
                Record Description entry
WORKING-STORAGE SECTION.
                Data-item DESCRIPTION ENTRY
                Record Description entry


FILE SELECTION
Section ini dipakai untuk menerapkan karakteristik data file beserta recordnya. Perlu diingat bahwa file yang sudah disebutkan pada FILE-CONTROL dalam ENVIRONMENT DIVISION harus selalu dijelaskan karakteristiknya dalam FILE SECTION ini. Seperti sudah dituliskan diatas bahwa FILE SECTION terdiri atas File description entry dan Record Description entry.

WORKING-STORAGE SECTION
Section ini dipakai untuk menjelaskan atau mendefinisikan internal data, baik berupa konstanta maupun work-area yang disediakan untuk keperluan khusus, misalnya untuk table dan lain-lainnya.
Seperti yang dituliskan pada bentuk DATA DIVISION, WORKING-STORAGE SECTION ini terdiri atas Data-item Description Entry dan Record Description Entry.
Data-item Description Entry untuk dimulai dengan level-number 77, dan mereka dianggap sebagai independent-data-item. Untuk beberapa kompilator semua 77 level-entry harus dituliskan dibagian pertama dari section ini.
Sedangkan Record Description Entry mempunyai bentuk yang sama dengan yang dituliskan dalam FILE SECTION, yakni selalu dimulai dengan level-number 01.







Sumber:
Diktat Kuliah Algoritma&Pemrograman COBOL dan Pemrograman COBOL Terstruktur Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar