Tahapan menuju E-commerce
- Brochurware
Istilah “brochurware” sendiri memiliki makna
dipergunakannya internet sebagai sarana untuk mengembangkan brosur elektronik.
- Customer Interactivity
Sesuai dengan namanya, pada tahapan berikut
perusahaan mulai mengembangkan kemampuan aplikasi situsnya untuk memungkinkan
terjadinya komunikasi dua arah (dialog) antara perusahaan dan para konsumennya
(atau calon pelanggan).
- Transaction Enabler
Tahap selanjutnya adalah pengembangan suatu
aplikasi yang memungkinkan terjadinya transaksi bisnis secara elektronik
(e-Commerce).
- One-to-one Relationship
Dengan tahapan ini diharapkan terjadinya
transaksi perdagangan antar individu. Secara prinsip, yang terjadi disini adalah
mekanisme penjualan produk atau pelayanan berbasis individu yang memungkinkan
masing – masing konsumen untuk berhubungan secara ekslusif dengan individu lain
secara bebas.
- Real Time Organizations
Pada tahap kelima ini yang terjadi adalah
bisnis non-stop 24 jam. Saat ini seluruh transaksi diambil alih secara otomatis
oleh komputer. Secara real time calon penjual dan pembeli, melalui situs
perusahaan, dapat bertemu dan melakukan transaksi saat itu juga.
- Communities of Interests
Tahap terakhir dalam tahapan menuju e-commerce
adalah kemampuan perusahaan dalam membentuk sebuah komunitas didunia maya, yang
terdiri dari para konsumen dan rekanan bisnis yang saling bekerja sama untuk
menciptakan value di Internet. Kecepatan evolusi perusahaan dalam memanfaatkan
Internet untuk mengembangkan e-commerce sangat ditentukan oleh kesiapan
manajemen dan ketersediaan sumber daya yang memadai.
Tahapan - tahapan dalam transaksi e-commerce
- E-customer dan e-merchant bertemu dalam dunia maya melalui server yang disewa dari Internet Server Provider (ISP) oleh e-merchant.
- Transaksi melalui e-commerce disertai term of use dan sales term condition atau klausula standar, yang pada umumnya e-merchant telah meletakkan klausula kesepakatan pada website-nya, sedangkan e-customer jika berminat tinggal memilih tombol accept atau menerima.
- Penerimaan e-customer melalui mekanisme “klik” tersebut sebagai perwujudan dari kesepakatan yang tentunya mengikat pihak e-merchant.
- Pada saat kedua belah pihak mencapai kesepakatan, kemudian diikuti dengan proses pembayaran, yang melibatkan dua bank perantara dari masing-masing pihak yaitu acquiring merchant bank dan issuing customer bank. Prosedurnya e-customer memerintahkan kepada issuing customer bank untuk dan atas nama e-customer melakukan sejumlah pembayaran atas harga barang kepada acquiring merchant bank yang ditujukan kepada e-merchant
- Setelah proses pembayaran selesai kemudian diikuti dengan proses pemenuhan prestasi oleh pihak e-merchant berupa pengiriman barang sesuai dengan kesepakatan mengenai saat penyerahan dan spesifikasi barang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar