Electronic
Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan
produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan
jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Pengertian e-commerce lainnya:
- Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu:
-dari perspektif
komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau
pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;
-dari perspektif
proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi
transaksi bisnis dan work flow;
-dari perspektif
pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam
pemesanan dan pengiriman barang; dan
-dari perspektif online, E-Commerce menyediakan
kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan
jaringan jasa online lainnya.
- Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transksaksi komersial.
- website E-Commerce Net, E-Commerce didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.
- Laudon & Laudon (1998), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.
- E-Commerce menurut David Baum (1999, pp. 36-34) yaitu: E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations
- Onno. W. Purbo: E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
Seluruh
definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup
komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi), subyek dan
obyek yang terlibat, serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet).
Sampai saat ini
internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce,
sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di
internet.
Pertukaran informasi
dalam E-Commerce dilakukan dalam format dijital sehingga kebutuhan akan
pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan. Dengan menggunakan sistem
komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi, transaksi
bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat. Akibatnya
informasi yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat
diperlukan. Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan
biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses
transaksi yang berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya
produktifitas perusahaan.
Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce
dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan
perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul
akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat
memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan
produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan
dalam bersaing.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar