Jumat, 03 Januari 2014

Website





Website atau disingkat web adalah sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk digital baik itu teks, gambar, animasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga dapat diakses dari seluruh dunia.

SEJARAH WEB
Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).

Pada dasarnya website dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:

  • Website Statis : merupakan web yang halamannya tidak berubah, biasanya untuk melakukan perubahan dilakukan secara manual dengan mengubah kode. Website Statis informasinya merupakan informasi satu arah, yakni hanya berasal dari pemilik softwarenya saja, hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja. Contoh dari pengertian website statis adalah profile perusahaan.


  • Website Dinamis : merupakan web yang halaman selalu update, biasanya terdapat halaman backend (halaman administrator) yang digunakan untuk menambah atau mengubah konten. Web dinamis membutuhkan database untuk menyimpan. Website dinamis mempunyai arus informasi dua arah, yakni berasal dari pengguna dan pemilik, sehingga pengupdatean dapat dilakukan oleh pengguna dan juga pemilik website. Contoh dari website dinamis adalah facebook, twitter.


Unsur-Unsur Website
  • Nama Domain

Adalah alamat unik didunia maya (internet) yang berguna untuk menemukan sebuah website. Umumnya URL ini di perjualbelikan dengan system sewa tahunan. Dan biasanya dibelakang URL mempunyai akhiran sesuai dengan lokasi dan kepentingan atas dibuatnya website tersebut. Contohnya .co.id untuk pendidikan

  • Web Hosting

Web Hosting merupakan ruangan yang terdapat dalam harddisk sebagai tempat penyimpanan data, file, video, email, database. Dan lain-lain yang nantinya akan ditampilkan didalam website tersebut.

  • Bahasa Program

Bahasa Program merupakan bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah pada saat website tersebut sedang dijalankan. Contoh bahasa program yaitu Java Script, XML, HTML, PHP.

  • Desain Website

Desain website merupakan hal yang penting. Faktor kenyamanan pengunjung harus diterapkan jika anda membuat website. Buat website yang menarik agar pengunjung mudah dalam penggunaanya sehingga akan terus mengunjungi website anda.

  • Program Transfer Data ke Pusat Data

FTP (File Transfer Protocol) merupakan akses yang diberikan pada saat kita memesan web hosting, FTP berguna untuk memindahkan file-file website yang ada pada computer kita ke pusat web hosting agar dapat terakses ke seluruh dunia.

Kegunaan Website
Kegunaan website ada banyak tergantung dari tujuan pembuatannya. Diantaranya :
  • Sebagai tempat untuk menjual barang atau jasa
  • Tempat berbagi file atau berkas kepada orang lain
  • Tempat untuk mencari penghasilan tambahan melalui bisnis online
  • Sebagai tempat untuk berkumpulnya suatu komonitas
  • Sebagai tempat untuk berbagi pengalaman kehidupan, cerita dan pengetahuan kepada orang lain.





Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar