Minggu, 29 Desember 2013

Algoritma&Pemrograman COBOL Dasar

Merupakan salah satu bahasa pemrograman computer (computer language) yang sengaja dirancang untuk digunakan terutama guna menyelesaikan masalah bisnis dengan bantuan computer. Kepanjang dari COBOL adalah Common Business Oriented Language.
Sebagaimana terlihat dari namanya, COBOL memang cocok sekali untuk menyelesaikan masalah bisnis. Contohnya, suatu perusahaan hendak membuat suatu system pembayaran gaji bagi pegawainya; instruksinya bagi computer mengenai orang mana bayar, berapa besarnya, kapan waktunya dan sebagainya, dapat dengan baik ditulis dalam bahasa COBOL.
COBOL dalam penampilannya selalu menggunakan bahasa inggris. Sebagai contoh, kita akan mengenal kata DATA, FILE, RECORD, ADD, MOVE, SELECT, WRITE, PERFORM dan sebagainya. Kata diatas adalah sebagaian dari apa yang disebut COBOL reserved word. Reserverd word harus digunakan secara tepat, karena ia sudah mempunyai satu arti tertentu.
Selain COBOL masih terdapat bahasa lain seperti BASIC, FORTRAN, PL/I, RPG, ALGOL dan lain-lain. Masing-masing bahasa mempunyai kemampuan tertentu. Misalnya, FORTRAN baik sekali untuk menyelesaikan masalah sains.
Pengertian File
COBOL dikenal sebagai bahasa file oriented. Ini berarti bahwa seseorang pemrograman COBOL harus menggunakan file atau berkas, dalam arti ia harus memproses data dari file. Karena pentingnya arti suatu file, maka berikut ini secara singkat dijelaskan mengenai file. Sustu business file atau singkatnya file, adalah kumpulan dari record yang sejenis. Record terbentuk dari field, dan field terbentuk dari karakter position.
File kartu
Suatu file dapat berupaa kartu(punched card). File kartu ini merupakan bentuk file yang paling sederhana dan mudah dipahami. Saat ini file kartu hampir tak pernah digunakan lagi.

File input merupakan sumber data dan file output sebagai penampung hasil proses. Sebagai file output dapat digunakan magnetic tape, magnetic disk, printer. Di dalam setiap program COBOL terdapat 2 bagian besar. Yang pertama adalah bagian untuk “menyatakan” data input, serta output. Bagian ini disebut DATA DIVISION.
Bagian besar kedua dari program COBOL adalah bagian yang memberikan prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah bisnis yang diberikan. Bagian ini disebut PROCEDURE DIVISION. Dalama PROCEDURE DIVISION, beberapa reserved word diperlukan. Untuk data input digunakan kata READ serta ACCEPT, untuk proses digunakan kata seperti MOVE IF, COMPUTE, ADD, MUTIPLY, PERFORM dan lain-lain. Dan untuk output diperlukan kata WRITE serta DISPLAY. Berikut ini kita simpulkan kelebihan dari COBOL yang menjadi alasan utama bahwa COBOL sangat cocok untuk pemrograman bisnis.

Dalam hal menyatakan dan memproses file, COBOL memungkinkan kita untuk

  • Memberikan nama file, record, dan field
  • Menghubungkan file dengan perlengkapan hardware seperti magnetic tape, kartu dan sebagainya
  • Menyatakan ciri umum dari file
  • Menyatakan record dan field didalam file
  • Mencek file sebelum digunakan
Dalam kegiatan dasar berkala dari pengolahan data, COBOL memungkinkan kita untuk

  • Mendapatkan data input, biasanya dari file input
  • Melakukan test tentang validitas dari data
  • Membuat keputusan bagaimana data akan diproses
  • Melakukan perhitungan atau calculation
  • Edit data
  • Memberikan output
  • Melakukan loop, yakin mengulangi instruksi yang telah dilaksanakan sebelumnya. 




Sumber: Diktat Kuliah Algoritma&Pemrograman COBOL dan Pemrograman COBOL Terstruktur Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar