Jumat, 27 Desember 2013

Statistika

Statistika memiliki pengertian tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan informasi numerical. Akan tetapi, dalam perkembangannya statistika memiliki pengertian yang lebih luas yang tidak sekedar berbicara tentang informasi numerical. Banyak definisi statistika yang dikemukakan diberbagai buku teks yang pada dasarnya sama. Berikut adalah pengertian tentang statistika:

Ilmu dan seni-ada juga yang mengatakan sebagai teknik-tentang pengumpulan data, penyajian data, analisis data dan pengambilan kesimpulan data yang berhasil dihimpun tersebut.

Seringkali kata statistika dikacaukan dengan kata statistik untuk pengertian yang sama. Sebenernya, kedua kata tersebut merupakan terjemahan dari dua kata yang memiliki pengertian yang berbeda sekali, yaitu statistics dan statistic. Statistics diterjemahkan menjadi statistika dan statistic diterjemahkan menjadi statistic.

Perkembangan pemakaian statistika
Sebagai sesuatu yang berkenaan dengan data numerical, sebenernya statistika sudah banyak digunakan oleh banyak Negara, misalnya untuk mendaftar jumlah penduduk, perpajakan, pencatatan personel militer dan lain sebagainya.
Dengan semakin berkembangnya jaman, dewasa ini penggunaan statistika sudah semakin meluas diberbagai bidang kegiatan. Statistika tidak lagi hanya digunakan untuk kepentingan pemerintahan saja melainkan meluas sampai pada bidang bisnis, ekonomi, kedokteran, pendidikan dan sebagainya.

Statistika Deskriptip dan Statistika Inferensial
Statistika dibedakan menjadi dua bagian, yaitu statistika deskriptip dan statistika inferensial.

Statistika deskriptip adalah serangkaian teknik yang meliputi teknik pengumpulan, penyajian dan peringkasan data.
Statistika inferensial adalah serangkaian teknik yang digunakan untuk mengkaji, menaksir dan mengambil kesimpulan sebagaian data (data sampel) yang dipilih secara acak dari seluruh data yang menjadi subyek kajian (populasi)
.
Populasi Dan Sampel
Dua istilah, populasi dan sampel merupakan istilah yang harus dipahami benar-benar dalam mempelajari statistika. Keduanya dapat didefinisikan sebagai berikut:

Populasi adalah seluruh obyek yang ingin diketahui besaran karakteristiknya. Sampel adalah sebagian obyek populasi yang memiliki karakteristik sama dengan karakteristik populasinya, yang ingin diketahui besaran karakteristiknya.
Dua istilah lainnya sehubungan dengan populasi dan sampel adalah parameter dan statistik. Keduanya dapat didefinisikan sebagai berikut:
Parameter atau lengkapnya parameter populasi adalah ukuran-ukuran tertentu yang digunakan sebagai penggambaran suatu populasi.
Statistic atau statistic sampel adalah ukuran-ukuran tertentu yang digunakan untuk menggambarkan suatu sampel.

Dari definisi statistic tersebut diatas, kiranya jelas bahwa antara statistic dan statistika memiliki perbedaan yang tegas.




Sumber: diktat kuliah statistika 1 Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar