Rabu, 25 Desember 2013

Adobe Flash Professional CS6

Program Adobe Flash CS6 menyediakan berbagai macam fitur yang akan sangat membantu para animator untuk membuat animasi menjadi semakin mudah dan menarik. Dengan fitur-fitur yang ada pada Program Adobe Flash CS6, akan menjadikan program Adobe Flash sebagai program animasi dan presentasi yang makin digemari oleh para animator-animator di dunia.
Program Adobe Flash Pro CS6 telah mampu mengolah teks maupun objek dengan efek tiga dimensi sehingga tampak lebih menarik.

Welcome Screen menampilkan empat pilihan perintah untuk memulai Adobe Flash Pro CS6, yaitu :
Create from Template, berguna untuk membuka lembar kerja dengan template yang tersedia dalam program Adobe Flash Pro CS6.
Open a Recent Item, berguna untuk membuka kembali file yang pernah anda simpan atau pernah anda buka sebelumnya.
Create New, berguna untuk membuka lembar kerja baru dengan beberapa pilihan script yang tersedia.
Learn, berguna untuk membuka jendela Help yang berguna untuk mempelajari suatu perintah.


Komponen-komponen Adobe Flash Pro CS6
            Beberapa komponen kerja program Adobe Flash Pro CS6 telah ditampilkan sebagai tampilan standart. Masih banyak lagi komponen yang masih tersembunyi sehingga memerlukan perintah tertentu untuk menampilkannya. Anda dapat mengatur komponen didalam program Adobe Flash Pro CS6 sesuai dengan yang anda inginkan. Berikut ini adalah beberapa komponen kerja dari Adobe Flash Pro CS6 :
  • Toolbox

            Toolbox adalah sebuah panel yang menampung tombol-tombol yang berguna untuk membuat suatu desain animasi mulai dari tombol seleksi, pen, pensil, text, 3D Rotation, dan lain-lain.
1.      Selection Tool(V) berfungsi untuk menyeleksi objek.
2.      Subselection Tool(A) berfungsi untuk menyeleksi bagian objek untuk proses editing.
3.      Free Transform Tool(Q) berfungsi untuk mengubah bentuk objek secara bebas.
4.      3D Rotation Tool(W) berfungsi untuk melakukan rotasi 3D pada objek berdasarkan sumbu X, Y dan Z.
5.      Lasso Tool(L) berfungsi untuk menyeleksi objek dengan pola seleksi bebas.
6.      Pen Tool(P) berfungsi untuk menggambar objek.
7.      Text Tool(T) berfungsi untuk mengetik teks dan paragraf.
8.      Line Tool(N) berfungsi untuk menggambar objek garis lurus.
9.      Rectangle Tool(R) berfungsi untuk menggambar objek kotak.
10.  Pencil Tool(Y) berfungsi untuk menggambar dengan bentuk goresan pensil.
11.  Brush Tool(B) berfungsi untuk menggambar dengan bentuk polesan kuas.
12.  Deco Tool(U) berfungsi untuk menggambar corak dekorasi dengan menggunakan simbol graphic.
13.  Bone Tool(X) berfungsi untuk membuat animasi pertulangan dengan menambahkan titik sendi pada object.
14.  Paint Bucket Tool(K) berfungsi untuk memberi warna bidang objek.
15.  Eyedropper Tool(I) berfungsi untuk mengambil sampel warna dari sebuah object.
16.  Erasser Tool(E) berfungsi untuk menghapus bidang object.
17.  Hand Tool(H) berfungsi untuk menggeser area lembar kerja atau stage.
18.  Zoom Tool(M, Z) berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja atau stage.
19.  Stroke Color berfungsi untuk menentukan warna garis.
20.  Fill Color berfungsi untuk menentukan warna bidang object.
21.  Black and White berfungsi untuk mengubah warna garis dan bidang menjadi hitam dan putih.
22.  Swap Color berfungsi untuk membalikan warna antara warna garis dan warna bidang object.
23.  Snap to Object berfungsi untuk mengaktifkan atau mematikan fungsi Snap to Object.
  • Timeline

Timeline berguna untuk menentukan durasi animasi, jumlah layer, frame, menempatkan script dan beberapa keperluan animasi lainnya. Semua bentuk animasi yang anda buat akan diatur dan ditempatkan pada layer dalam timeline.

A.    Layer, lembar kerja yang menampung objek yang akan dianimasikan didalam timeline.
B.     Timeline, tabulasi dari lembar kerja atau stage yang sedang dikerjakan.
C.     Show or Hide All Layers, untuk menyembunyikan atau menampilkan semua isi layer.
D.    Lock or Unlock All Layers, untuk mengunci atau melepas kunci objek dari semua layer.
E.     Show All Layer as Outlines, untuk menampilkan objek pada semua layer dalam bentuk outline.
F.      Playhead, jarum untuk membaca frame pada saat animasi dijalankan.
G.    Blank Keyframe, sebuah simbol lingkaran kosong yang menampung suatu objek.
H.    Frame, suatu bagian dari layer yang digunakan untuk mengatur pembuatan animasi.
I.       Tombol Menu, untuk mengatur tampilan frame.
J.       New Layer, untuk menambah layer baru.
K.    New Folder, untuk menambah folder baru.
L.     Delete, untuk menghapus layer.
M.   Simbol Pensil, menunjukkan bahwa layer dalam kondisi terpilih atau aktif.
N.    Titik Show or Hide, klik untuk menampilkan atau menyembunyikan layer aktif.
O.    Titik kunci, klik untuk mengunci atau melepas kunci layer yang aktif.
P.      Kotak Outline, kilik untuk menampilkan objek dalam layer aktif menjadi bentuk outline.
Q.    Controler, tombol yang digunakan untuk mengontrol animasi.
R.     Loop, tombol yang digunakan untuk mengaktifkan pengulangan animasi.
S.      Tombol Pengatur tampilan animasi, untuk mengatur tampilan animasi didalam stage.
T.      Current Frame, menunjukkan posisi frame aktif.
U.    Frame Rate, untuk mengatur kecepatan gerak animasi dalam tiap detiknya.
V.    Elapsed Time, menunjukkan durasi atau lamanya animasi.
W.   Scrollbar, menggulung jendela timeline secafra vertikal atau horisontal.

  • Stage

            Stage adalah lembar kerja yang digunakan untuk membuat atau mendesain objek yang akan dianimasikan. Objek yang dibuat dalam lembar kerja dapat berupa objek Vektor, Movie clip, Text, Button, dan lain-lain.

A.    Stage, lembar kerja untuk menyusun objek yang akan dianimasikan.
B.     Scene, menunjukan nama scene yang aktif.
C.     Panah yang digunakan untuk berpindah dari lembar kerja simbol ke lembar kerja utama.
D.    Edit Scene, untuk memilih nama scene yang akan diedit.
E.     Edit Symbols, untuk memilih nama simbol yang akan diedit.
F.      Zoom, untuk mengatur besarnya tampilan stage atau lembar kerja.
G.    Scrollbar, untuk menggulung lembar kerja secara horisontal dan vertikal.




Sumber: Penulisan Ilmiah Aplikasi Bangun Datar Dengan Menggunakan Adobe Flash Professional CS6



4 komentar:

  1. keren,, thanks buat infonya gan..

    http://acemaxs86.com/

    BalasHapus
  2. makasih ya teman.. atas bantuannya

    BalasHapus
  3. boleh tanya??
    ada g skrip yang bisa buat 2 objek jadi ngilang, kya d game onet gitu

    BalasHapus