Minggu, 17 November 2013

Perangkat dan Dampak Multimedia

Perangkat Multimedia

1. Perangkat lunak / aplikasi multimedia.
Perangkat lunak ini digunakan untuk menjalankan fungsi multimedia pada komputer. Contoh perangkat lunak untuk multimedia : Windows Media Player ( untuk menjalankan CD atau DVD pada komputer )

2. CD / DVD ROM = Digunakan untuk memutar berbagai jenis CD, VCD dan DVD.

3. Sound CardSound card (kartu suara) = Perangkat yang terhubung pada papan induk (motherboard) yang berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mnegontrol suara, baik suara yang masuk (merekam) dan suara yang keluar melalu speaker. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).

4. Kartu grafis (Graphic Card / Display Adapter)
Kartu grafis adalah perangkat yang terhubung langsung di papan induk komputer yang berfungsi untuk mengolah citra (gambar) agar mempunyai kualitas yang baik. Saat ini kartu grafis yang sering digunakan adalah kartu grafis yang menggunakan teknologi AGP (Accelerated Graphics Port).

5. TV Tuner
Ini adalah perangkat yang memungkinkan komputer untuk menangkap siaran televisi dan menampilkannya pada layar monitor. TV Tuner biasanya berupa card yang dipasang pada card expansi. Tapi ada juga TV Tuner External yang dipasang di luar komputer, bahkan bisa langsung dihubungkan ke monitor.

6. Speaker (pengeras suara)
Ini adalah perangkat output untuk menghasilkan suara.


DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG PENDIDIKAN
  • Siswa / mahasiswa menjadi tidak mudah bosan dihadapkan hanya pada buku teks.
  • Suasana pengajaran dan pembelajaran yang interaktif akan menggalakkan komunikasi berbagai hal (  pelajar-guru, pelajar-pelajar, pelajar-komputer )
  • Gabungan berbagai media yang memanfaatkan sepenuhnya indra penglihatan dan pendengaran mampu menarik minat belajar.
  • Perkembangan Teknologi Informasi (TI) Pada bidang Pendidikan, dampak yang munculialah kegiatan belajar dan mengajar yang dikenal dengan konsep e-Learning.

DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG PENDIDIKAN
  • Dengan adanya pembelajaran jarak jauh atau e-Learning selain berbagai dampak positif yang di dapat ada juga beberapa nilai kurang baik yakni tidak adanya interaksi secara langsung sehingga pengajar tidak akan lebih intensif memonitori prilaku atau etitude pelajarnya dan pengurusan sertifikasi hasil belajar di nilai rumit.
  • Keberadaan guru dan tenaga pelajar sudah tidak lagi di prioritaskan.
  • Baru-baru ini banyak oknum-oknum yang memanfaatkan program sertifikasi yang diadakan oleh lembaga atau instansi tertentu contoh:sertifikasi dari Microsoft Corporation yang terdapat penjokian di dalamnya.

DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG BISNIS
  • Dengan bekembangan nya multi media para perbisnis puncenderung mengalami perubahan yang singnifikan.
  • Sebagai contoh : para perbisnis kini juga merabah kedunia maya baik itu di jejaring sosial dan website palsu. Melalui media online pebisnis menawarkan produknya. namun tidak sedikit di sana terjadi penipuan.
  • Sejumlah perusahaan memberikan training pada pegawainya dengan materi training berbasis multimedia dalam bentuk simulasi.

DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG BISNIS
  • Adanyanpihak-pihak yang melakukan black market (ilegal) dalam internet.
  • Hacker melakukan hacking guna proses transaksi.
  • Marak nya terjadi penipuan di perdagangan secara online.

POSITIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG ENTERTAINMENT
  • Multimedia membuat edukasi menjadi lebih menarik = edutainment. Di amerika serikat Media sosial juga bisa bermanfaat dalam dunia pendidikan. Sebagai conth buka lah link ini OnlineUniversities.com berikut ini, menyatakan beberapa data mengenai penggunaan media sosial dalam dunia pendidikan di Amerika Serikat (AS).  Beberapa pendidikan tinggi di sana, ternyata dalam empat tahun terakhir        (2009-2011) sudah cukup aktif dalam memanfaatkan media sosial seperti blogging, Facebook, Twitter.
  • Multimedia sebagai pendukung kegiatan entertainment = animasi dan laser show yang  terintegrasi pada konser music.
  • Video/music Player.

DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG ENTERTAINMENT
  • Multimedia dalam bentuk gambar atau video banyak gambar atau film yang mengandung pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
  • Jejaring sosial dapat dengan mudah mendoktrin pengguna. Sehingga para pengguna cenderung hanya mengikuti perkembangan zaman melalui jejaring social.

DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG KESEHATAN
  • Kini telah terdapat alat-alat medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau mendeteksi keadaan tubuh dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat citiscan, HD, dll. 

DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG KESEHATAN
  • Dengan kemajuan multimedia praktek aborsi ilegal pun dapat dilakukan dengan tool-tool      multimedia.
  • Banyaknya pabrik toko narkoba menunjukan begitu mudahnya penggunaan multimedia untuk transaksi obat-obatan terlarang.

DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG ­POLITIK
  • Dalam melakukan aksi kampanye pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang masih menggunakan lisan atau tulisan di selembaran atau sticker atau baleho. Kini setelah multimedia berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke dunia maya. 

DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG POLITIK
  • Para elit politik pada pileg dan pilpres banyak menggunakan black campaygn (kampanye hitam) melalui internet beligho,spanduk dsb.
  • Dengan adanya kemajuan teknologi multimedia para koruptor dapat leluasa untuk melakukan aksinya, walaupun saat ini ada teknik penyadapan dari instansi yang berwenang tetapi cara itu belum sepenuhnya menjerat para koruptor.






Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar