Rabu, 27 November 2013

Kelebihan & kekurangan Pemakaian Basis Data

Keuntungan Pemakaian Basis Data adalah:
  • terkontrolnya kerangkapan data

a.       Pada non basis data: setiap program aplikasi mempunyai file sendiri-sendiri sehingga banyak field yang terulang kembali pada file lain. Hal ini akan membuang ruang penyimpanan(storage).
b.      Basis data: hanya mencantumkan satu kali saja field yang sama yang dapat dipakai oleh semua aplikasi yang memerlukannya.
  • Terpeliharanya keselarasan(kekonsistenan) data apabila ada perubahan data pada aplikasi yang berbeda maka secara otomatis perubahan itu berlaku untuk keseluruhan.
  • Data dapat dipakai secara bersama

Data dapat dipakai secara bersama –sama oleh beberapa program aplikasi secara batch maupun online pada saat bersamaan.
  • Dapat diterapkan standarisasi

Dengan adanya pengontrolan yang terpusat maka DBA dapat menerapkan standarisasi data sehingga memudahkan pemakaian, pengiriman maupun pertukaran data.
  • Keamanan data terjamin

DBA dapat memberikan batasan-batasan pengaksesan data, misalnya dengan memberikan password dan pemberian hak akses bagi pengguna (misalnya: modify, delete, insert, retrieve).
  • Terpeliharanya integritas data

Jika kerangkapan data dapat dikontrol dan konsistenan data dapat dijaga maka data menjadi akurat.
  • Terpeliharanya keseimbangan(ketersediaan) data dari berbagai macam kebutuhan data yang berbeda dalam setiap aplikasi. Struktur basis data diatur sedemikian rupa sehingga dapat melayani pengaksesan data dengan  cepat.
  • Data independence(kemandirian data)

Dapat digunakan untuk bermacam-macam program aplikasi tanpa harus mengubah format data yang sudah ada.

Kerugian Pemakaian Basis Data adalah:
  • Storage(tempat penyimpanan data)

Digunakan besar kompleksitas dan fungsional yang semakin banyak membuat basis data membutuhkan tempat penyimpanan data yang besar untuk menampung perangkat lunak aplikasi yang digunakan juga data dari organisasi untuk dapat mengefisiensikan kinerja dari suatu organisasi.
  • Dibutuhkan tenaga yang terampil dalam mengelola data

Data yang dikelola didalam suatu basis data adalah data yang sangat kompleks dan diaplikasikan kedalam suatu perangkat lunak yang hanya digunakan oleh orang-orang yang terampil.
  • Perangkat lunaknya mahal

Perangkat lunak (DBMS) yang digunakan didalam suatu system basis data merupakan perangkat lunak yang dapat mengoptimalkan kinerja dari suatu organisasi,  biasanya perangkat lunak yang bagus harganya mahal dan tidak hanya satu aplikasi perangkat lunak saja  yang digunakan tetapi dapat lebih dari satu, kemudian digunakan tidak hanya disatu tempat saja tetapi digunakan diberbagai cabang dimana organisasi tersebut tersebar. Oleh karena itu investasi system basis data sangat mahal sehingga harus diperhitungkan dengan cermat.

  • Kerusakan pada system basis data dapat mempengaruhi departeman lain yang terkait. Jika didalam suatu basis data mengalami kerusakan akan mengakibatkan departemen lain mengalami hambatan dalam melakukan operasionalnya, hal ini dikarenakan keterhubungan antardata yang digunakan. Sehingga dalam hal ini data administrator harus selalu menjaga agar data yang digunakan tetap konkuren dan tersedia untuk mencegah terhambatnya operasional dari departemen lainnya.



Sumber:
Diktat Kuliah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar