Senin, 25 November 2013

Komponen & Istilah Basis Data

Komponen system basis data terdiri atas:
  • Data

Disimpan secara terintegrasi, artinya basis data merupakan gabungan dari berbagai macam file aplikasi yang berbeda yang disusun dengan menghilangkan bagian-bagian yang rangkap. Sebagai alat penghubung digunakan kunci(key). Dipakai secara bersama-sama, artinya masing-masing bagian dari suatu data dapat digunakan atau diakses bersama-sama dalam waktu yang bersamaan oleh pemakai untuk aplikasi yang berbeda.
  • Perangkat Keras

Mencakup peralatan atau perangkat computer yang digunakan untuk pengelolaan system basis data. Contoh: alat input/output, komunikasi data dan sebagainya.
  • Perangkat Lunak

Sebagai penghubung antara pengguna dan basis data. Contoh: DBMS.

  • Pengguna
Dibagi menjadi 4 kategori :
A.  System Engineer: tenaga ahli yang bertanggung jawab atas pemasangan system basis data dan juga mengadakan peningkatan dan melaporkan kesalahan dari system tersebut.
B.   Database Administrator(DBA): tenaga ahli yang mempunyai tugas untuk mengontrol system basis data secara keseluruhan, meramalkan kebutuhan akan system basis data, merencanakannya dan mengaturnya.
Tugas DBA: mengontrol DBMS dan perangkat lunak lainnya, memonitor siapa yang mengakses basis data, mengatur pemakaian basis data, memeriksa security, integrity, recovery dan concurrency.
C.  Progrmmer: penggunaan yang berinteraksi dengan basis data melalui Data Manipulation Language(DML), yang disertakan dalam program yang ditulis dalam bahasa pemrograman induk seperti C, Pascal, COBOL.
D.  Pengguna akhir
Casual User(pengguna mahir)
  • Penggunaan yang berinteraksi dengan system tanpa menulis modul program. Mereka menyatakan query(untuk akses data) dengan bahasa query yang telah disediakan oleh suatu DBMS
  • End User(pemakaian umum)

Penggunaan yang berinteraksi dengan system basis data melalui pemanggilan satu program aplikasi permanen yang telah ditulis atau disediakan sebelumnya.
  • Specialized/Sophisticated User(penggunaan khusus)

Pengguna yang menulis aplikasi basis data non konvesional, tetapi untuk keperluan-keperluan khusus seperti aplikasi Artificial Intelligent(AI), System Pakar, Pengolahan Citra yang bisa saja mengakses basis data dengan atau tanpa DBMS yang bersangkutan.

Beberapa Istilah yang Digunakan pada Sistem Basis Data
  • Enterprise

Enterprise merupakan suatu bentuk organisasi seperti: bank, universitas, rumah sakit, pabrik dan sebagainya. Data yang disimpan dalam basis data merupakan data operasional dari suatu enterprise.
  • Entity(entitas)

Entitas adalah suatu objek yang dapat dibedakan dari lainnya yang dapat diwujudkan dalam basis data.
  • Attribute(atribut)

Atribut adalah karakteristik dari entitas tersebut. Contoh entitas Nasabah, atributnya terdiri dari: Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah.
  • Data Value(nilai data)

Nilai data merupakan isi data/informasi yang tercakup dalam setiap elemen data. Contoh: atribut Nama Nasabah dapat berisi Nilai Data: Nina, Rika, Titin, dan sebagainya.
  • Key data elemen(kunci elemen data)

Tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas. Contoh Entitas Nasabah yang mempunyai atribut-atribut Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah dan sebagainya menggunakan kunci elemen Data Kode Nasabah.
  • Record Data

Kumpulan isi elemen data(atribut) yang saling berhubungan. Contoh: kumpulan Atribut Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah.




Sumber:
diktat kuliah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar