Interaksi Manusia dan Komputer
Adalah disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan,
evaluasi dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh
manusia, serta studi fenomena-fenomena besar yang berhubungan dengannya.
IMK meliputi ergonomi dan faktor manusia
- Ergonomi
Secara tradisional, ergonomi memfokuskan pada karakteristik
fisik mesin dan sistem dan melihat unjuk kerja (performance) dari user
- Faktor Manusia
Merupakan studi tentang manusia dan tingkah lakunya dalam
menggunakan mesin, alat-alat teknologi dalam menyelesaikan tugas.
IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu, yaitu :
- Ilmu komputer
- Seni
- Psikologi
- Matematika
- Sosiologi, dll.
Yang terlibat dalam IMK, adalah :
- Psikologi dan ilmu kognitif : persepsi user, kognitif kemampuan memecahkan masalah
- Ergonomi : kemampuan fisik user
- Sosiologi : kemampuan memahami konsep interaksi
- Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi
- Bisnis : pemasaran
- Desaign grafis : presentasi interface
- User : siapa saja yang terlibat dalam menyelesaikan tugas dengan menggunakan teknologi
- Komputer : teknologi dari dekstop sampai sistem komputer besar, baik dari sistem pengontrolan proses atau sistem embedded. Sistem ini mencakup yang non komputer, maupun orang lain
- Interaksi : komunikasi user dan komputer, dibedakan 2 yaitu
Langsung
: dialog dengan feedback dan
kontrol dari performance tugas
Tidak
langsung : proses background dan batch
USABILITY
- Menurut Jacob Nielsen : usability adalah atribut kualitas yang menjelaskan atau mengukur seberapa mudah penggunaan suatu antar muka (interface)
- kata "Usability" juga merujuk pada suatu metode untuk meningkatkan kemudahan pemakaian selama proses desain
Usability diukur dengan 5 kriteria, yaitu :
- Learnability : Mengukur tingkat kemudahan melakukan tugas-tugas sederhana ketika pertama kali menemui suatu desain
- Efficiency : Mengukur kecepatan mengerjakan tugas tertentu setelah mempelajari desain tersebut
- Memorability : Melihat seberapa cepat pengguna mendapatkan kembali kecakapan dalam menggunakan desain tersebut ketika kembali setelah beberapa waktu
- Errors : Melihat seberapa banyak kesalahan yang dilakukan pengguna, separah apa kesalahan yang dibuat, dan semudah apa mereka mendapatkan penyelesaian
- Satisfaction : Mengukur tingkat kepuasan dalam menggunakan desain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar