Minggu, 30 Desember 2012

Grafik Komputer


Suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.

Istilah “Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh william fetter : pembentukan disain model cockpit (boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 dimensi.

Pengguna mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.

Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif 
  • Masukan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream
  • Proses penyimpanan : CPU, memori
  • Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linier editor

                Sistem interaktif grafik pertama, sketchpad ditemukan oleh ivan sutherland (1963) di MIT.

Konteks Grafik
  • Grafik sebagai kunci kemampuan teknologi dalam evolusi lingkungan komputasi :

-          Graphical User Interface (GUI)
-          Komputasi Visual, contoh desktop publishing, visualisasi scientific, visiualisasi informasi
  • Revolusi perangkat Hardware :

-          Setiap 12-18 bulan, kemampuan komputer meningkat dua kali lipat dalam hal harga/performance-Hukum Moore
-          Memory grafik dan kecepatan jaringan meningkat secara eksponensial

Revolusi Lingkungan Komputer Grafik
  • PC dan workstation digabung dalam jaringan komputer terdistribusi heterogen (contoh : LAN, WAN, internet dan cluster)
  • Tetapi file, print dan layanan komputer dan jaringan masih di share
  • Komputasi client-server dan komponen teknologi software menjadi paradigma yang dominan
  • NC (network computer) dengan client yang tipis terkait (attach) dengan server melalui dumb terminal dan kendali terpusat
Komputasi Bentuk Baru (1990-2003)
  • Multimedia : sinkronisasi teks dan grafik dengan suara dan video
  • Hypermedia : multimedia dengan hypertextual link disebut juga interactive multimedia
  • Digital Convergence : penggabungan televisi digital dan komputasi terdistribusi, konsumen elektronik (contoh interactive TV, video-on-demand)
  • Internet dan perangkat pendukungnya
  • Komputasi Tertanam (embedded) : personal digital assistants (PDA)
Kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :
  1. Permodelan Geometris : menciptakan model matematis dari objek 2D atau 3D
  2. Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah terbuat
  3. Animasi : menampilkan behavior/tingkah laku objek bergantung waktu
Sumber : catatan kuliah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar