Sabtu, 17 November 2012

PROLOG



Adalah bahasa pemrograman logika atau disebut juga sebegai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa perancis programmation en logique(pemrograman logika). Bahsa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataaan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.
Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensional sebgai teknik, pencariannya seperti pada delphi, pascal, basic, cobol dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang disebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohin logika.

Perbedaan Prolog dengan Bahasa lain
     Hampir semua bahasa pemrograman yang ada saat ini seperti pascal, C, fortran, disebut procedural languange untuk menggunakan bahasa tersebut diperlukan algoritma atau procedure yang dibuat untuk menyelesaikan masalah. Program dapat menjalankan procedure serta pengendalian program sepenuhnya ditentukan oleh programmer dan perhitungan yang dilakukan sesuai dengan procedure yang telah dibuat. Dengan kata lain, pemrograman harus memberi tahu komputer bagaimana komputer harus menyelesaikan masalah.
     Prolog mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan bahasa yang disebutkan diatas, prolog disebut sebagai object oriented language atau declarative language. Dalam prolog tidak terdapat prosedur, tapi hanya tampilan data-data object (fakta) yang akan diolah dengan relasi antar object tersebut yang membentuk suatu aturan. Aturan-aturan ini disebut HEURISTIK dan diperlukan dalam mencari suatu jawaban, dengan kata lain, prolog dalam prolog adalah database.
     Pemrogaraman menentukan tujuan (goal) dan komputer akan menentukan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut serta mencari jawabannya. Caranya dengan menggunakan “Formal Reasoning” yaitu membuktikan cocok tidaknya tujuan dengan data-data yang telah ada dan relasinya. Prolog memecahkan masalah seperti yang dilakukan oleh fikiran manusia.
     Dengan demikian, prolog sangat ideal untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur dan yang procedure pemecahannya tidak diketahui, khususnya untuk memecahkan masalah non numeric.


Aplikasi Prolog
  •       Sistem Pakar (Expert System)
  •   Pengolahan bahasa alami (Natural Language Processing)
  •      Robotik
  •    Pengenalan Pola (Pattern Recognition)
  •      Belajar
  •      Game


Macam-macam Prolog

1. Strawberry Prolog
2. Visual Prolog
3. SWI Prolog
4. Turbo Prolog

Kelebihan Prolog :
·         Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensional sebagai teknik pencariannya seperti pada delphi, pascal, basic, cobol dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang disebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika.
·         Melakukan komputasi rumit pada data yang kompleks.
·         Mengekspresikan algoritma dengan baik.
·         Mengalokasikan memori secara dinamis sehingga programmer tidak harus mendeklarasikan ukuran sebuah struktur data sebelum membuatnya.
·         Mengembangkan dan memodifikasi dirinya sehingga sebuaah program dapat “belajar” melalui informasi yang didapat selama program dijalankan.
·         Prolog mempunyai Automated Reasoning Procedure (Prosedur Sebab-Akibat Otomatis) yang disebut Inference Engine yang sudah built-in didalamnya. Akibatnya, program yang menggunakan logika sebab-akibat jadi lebih mudah ditulis dalam PROLOG.

Kekurangan Prolog
    Pemborosan dalam pengalokasian memori sehingga program berjalan menjadi lambat.

1 komentar:

  1. Diva'S Blog: Prolog >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Diva'S Blog: Prolog >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Diva'S Blog: Prolog >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Aq

    BalasHapus