Selasa, 08 Oktober 2013

Teknologi

Pengertian Teknologi
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam beperjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global.

Teknologi sangat dibutuhkan dari berbagai kalangan, apalagi di masa Era Globalisasi seperti sekarang ini ,karena Teknologi merupakan metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Memasuki Era Industrial pencapaiannya sangat ditentukan oleh penguasaan teknologi karena teknologi adalah mesin penggerak pertumbuhan melalui industri.

Pada saat ini penggunaan Teknologi bukan merupakan hal yang tabu ,karena tidak dipungkiri lagi setiap orang sekarang seringkali menggunakan Teknologi untuk membantu menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien.


Teknologi terus berkembang menjadi lebih canggih ,efisien ,dan praktis. Seringkali yang lebih baru adalah yang lebih bagus, yang lebih canggih, yang paling keren , tetapi baik yang lama maupun yang baru masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri. Dan Teknologi yang baru diciptakan sudah pasti ingin menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari model sebelumnya. Teknologi juga dapat membawa dampak positif dan negatif, dampak negatifnya seringkali banyak orang yang menguasai Teknologi menyalahgunakan kemampuannya tersebut ,tapi ada juga dampak positif seperti mempermudah pekerjaaan, mendapatkan informasi ,pertukaran data.

Peran Teknologi
Peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , dan mempercepat pekerjaan-pekerjaan manusia. 

Teknologi sendiri saat ini telah menjadi suatu trend, style, dan gaya hidup bagi kita. Bahkan teknologi saat ini telah menjadi suatu kebutuhan bagi manusia. Hal ini bisa di lihat dari orang-orang di sekitar kita dalam kehidupan mereka sehari-hari yang selalu memanfaatkan teknologi untuk segala kepentingan-kepentingan dan kebutuhan-kebutuhan mereka dengan tujuan untuk membantu, mempermudah , dan mempercepat itu semua, bahkan kita sendiri pun demikian. Jadi, peran teknologi dalam kehidupan manusia saat ini telah menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting. Banyak sekali manfaat dari teknologi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya.


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar